Hari ini aku capek. Seminggu kurang kuliah berangkat pagi pulang sore-sore itu jadi berasa anak sekolahan lagi. Padahal jadwalnya nggak padet-padet banget, tapi setiap balik ke kosan ntah kenapa suram banget. Apa aku yang mulai males kuliah? Apa emang cuma gini-gini aja rasanya kuliah? Atau aku udah kena mabok darat gara-gara setiap berangkat kuliah pasti ngisep asep knalpot mobil yang sliweran sana-sini. FYI aku berangkat ke kampus suka jalan kaki, jarak kosan ke kampus seperempat jam dan itu lewat jalan yang banyak dilewatin mobil-mobil berangkat kerja ataupun motor-motor mahasiswa yang berangkat kuliah. Termasuk motor-motor anak-anak SMP labil yang kalo lewat suka nggeber motornya ntah kenapa biar disangka keren gitu? Nggak banget. Tapi aku singkirin semua pikiran aneh bin jelek itu jauh-jauh mengingat aku udah janji sama diri sendiri. "Kamu udah buat orang tuamu nurutin kamu, sekarang jangan sia-siain kesempatan itu".
yaaak itu lah yang aku pikirin sekarang, jujur butuh refreshing lagi. Sebenernya ada jadwal tapi itu masih bulan depan. dan dengan kondisi cadangan devisa negara yang semakin berhutang sama mbah-mbah angkringan, aku dilema. ngabisin waktu di perpustakaan jadi opsi terbaik buat ngilangin suntuk di kosan, itu juga karena ada deadline makalah hari senin besok dan aku pusing gimana mulainya. oke sampe perpus boleh lah nyari-nyari buku, makin kesini makin kesini bukunya ngganggur deh nggak dipake, waktunya malah aku pake buat corat-coret disini, tapi nggak papa deh, udah lama juga nggak nge-blog.
kadang enak juga sendirian, aku emang orangnya gitu, bingung kalo lagi rame, cair kalo lagi sama temen deket, dan kesepian kalo sama temen biasa. menurutku sih itu salah, karena menutup diri itu nanti hasilnya jelek. Kita nggak bisa terbuka, jadi orang-orang juga penasaran kita ini gimana. Kan nggakmau kita di judge yang aneh-aneh. So far, aku masih enjoy aje sendiri. Sori ini bukannya aku jones atau apa, ini cuma masalah keadaan dan situasi ku aja. Jangan di bully, damai. Yah, meskipun kadang suka kengen sama temen-temen yang udah pada kemana-mana, katanya ngajak ketemuan eh malah batal gara-gara sakit mag. Duh nggak pas banget kan? kadang juga kangen orang rumah yang kalo sampe rumah pasti diomelin. "Kok pulang nggak bilang-bilang sihh??'' "kalo mau pulang itu bilang dulu dong". baru 2 kali pulang ke kampung udah kena omel 2 kali juga, yaa itu sih salah ku juga karena pulang nggak bilang-bilang, jadi aku pengen tau respon orang rumah gimana dan ternyata mereka bukannya seneng tapi malah shock. Tapi emang itu yang aku cari. Omelan. Ya sebagai anak kos yang kurang kasih sayang kalo kita di omelin sama orang tua lewat telpon itu biasa, nggak ngena sensasinya. Tapi kalo udah dirumah, kangen banget rasanya di omelin. Meskupin kadang suka debat nggak jelas yang bikin aku sedikit emosi. Tapi aku paham kenapa mereka seperti itu. Orang tua ku memikirkan yang terbaik buat aku, jadi meskipun aku suka jawab nasehatnya, dan aku suka nangis gara-gara itu, ujung-ujungnya aku paham kalo itu semua bakalan balik ke aku. Dan apa yang harus aku lakuin? Ngebales budinya dong dengan nggak maen-maen waktu kuliah dan bisa lulus tepat waktu. Kalo bisa udah mulai ngasih sedikit penghasilan deh kalo udah mulai nyari selingan kerja. Amiin.
Assalamu'alaikum, hai semua, apa kabar ? baik-baik saja deh yaa semoga hehehehe..
hari ini adalah ulang tahun bapakku gaes, aku sekarang sedang merantau di kota orang, aku pun malu buat nelpon langsung, jadi aku cuma bisa nulis lewat blog ini, dan lewat doa tentunya :) aku pengen berterima kasih banget buat ayah ku, aku sih manggilnya bapak hehe sama aja yaa..
Pak, makasih banget yaa pak udah mau nerima Haris buat jadi anak bapak.
Pak, makasih banget karena bapak udah berjuang keras buat menghidupin keluarga, termasuk aku, dan adek yg sekarang udah mulai masuk SMP, tentu bukan hal yang gampang buat nyari biaya, apalagi aku sekarang lagi kuliah.
Pak, makasih banget udah menjadi suami yang baik buat mamak dan bijak buat kita semua.
Pak, jangan lupa jaga kesehatan, jangan terlalu nghawatirin anakmu disini, Haris baik-baik aja kok, temen-temen Haris disini banyak, baik-baik pula.
Pak, maaf yaa kalo selama ini Haris nggak bisa ngomong langsung kalo ada apa-apa, bisanya cuma mendem yang tentunya bikin bapak kesel.
Pak, maaf kalo setiap hari adek selalu bikin kesel, apalagi kalo disuruh belajar, aku aja kesel gimana bapak?
Pak, maaf kalo mamak pernah buat bapak kesel juga, sering banget tuh waktu di rumah, debat cuma karena hal yang sebenernya bisa langsung diselesain.
Pak, do'anya semoga bapak selalu sehat, kuat, tabah, sabar, buat ngejalani hidup di masyarakat BTN, semoga rezeki selalu hadir di keluarga kecil kita pak, insyaAllah disini Haris nggak minta macem-macem kok, soal beli motor itu bisa ditunda tahun depan juga bisa.
Haris tau kalo bapak sama mamak pasti ngedoain Haris dari rumah, disini pun begitu pak, selalu mendoakan bapak, mamak, sama hammam semoga selalu sehat wal afiat.
insyaAllah kalo bisa 4 tahun kuliahnya diusahakan kok, kalo lebih dari 4 tahun bakal cari duit sendiri deh buat ngehidupin diri disini pak.
kabar Bapak gimana? sehat kan? semoga jadi mampir yaa, mau tak ajak jalan-jalan keliling kota Jogja nih hehehhe, biar mamak sama hammam sewot.
semoga kabar Mamak juga sehat selalu, semuanya dalam lindungan Allah SWT. dan dijauhkan dari segala mara bahaya.
buat adek ku, adek gue, cocoknya yg mana nih? nggak suka pake gue jadi agak kaku.
udah SMP belajar yg bener yeee, gausah banyakin maen, jgn suka ngelawan Bpak sama Mamak, kebiasaan nih nggak diturutin dikit ngelawan bisanya.
pokoknya sekolah yg bener deh, guru SMP pada tau mas mu ini loh, 3 tahun di SMP bikin mas mu ini jadi salah satu perhatian di sekolah hehehe..
sering kemasjid yaa kalo udah maghrib, sama isyanya juga, jgn lupa tadarusan, jgn lupa belajar, kalo bergaul di rumah, di sekolah yg bener, jangan bikin malu keluarga di rumah.
mungkin itu dulu deh, malah keluar dari tema nih,..
intinya terima kasih buat segalanya Pak, aku akan selalu mendoakanmu dalam setiap do'aku.
i'm so thankful every moment i spend with you. sayang banget aku belum punya foto berdua sama bapakku, ntar deh kalo pulang foto-foto dulu sama bapakku yg sangat berjasa buat hidupku dan keluarga.
Wassalamu'alikum warahmatullah, thank's ^
hari ini adalah ulang tahun bapakku gaes, aku sekarang sedang merantau di kota orang, aku pun malu buat nelpon langsung, jadi aku cuma bisa nulis lewat blog ini, dan lewat doa tentunya :) aku pengen berterima kasih banget buat ayah ku, aku sih manggilnya bapak hehe sama aja yaa..
Pak, makasih banget yaa pak udah mau nerima Haris buat jadi anak bapak.
Pak, makasih banget karena bapak udah berjuang keras buat menghidupin keluarga, termasuk aku, dan adek yg sekarang udah mulai masuk SMP, tentu bukan hal yang gampang buat nyari biaya, apalagi aku sekarang lagi kuliah.
Pak, makasih banget udah menjadi suami yang baik buat mamak dan bijak buat kita semua.
Pak, jangan lupa jaga kesehatan, jangan terlalu nghawatirin anakmu disini, Haris baik-baik aja kok, temen-temen Haris disini banyak, baik-baik pula.
Pak, maaf yaa kalo selama ini Haris nggak bisa ngomong langsung kalo ada apa-apa, bisanya cuma mendem yang tentunya bikin bapak kesel.
Pak, maaf kalo setiap hari adek selalu bikin kesel, apalagi kalo disuruh belajar, aku aja kesel gimana bapak?
Pak, maaf kalo mamak pernah buat bapak kesel juga, sering banget tuh waktu di rumah, debat cuma karena hal yang sebenernya bisa langsung diselesain.
Pak, do'anya semoga bapak selalu sehat, kuat, tabah, sabar, buat ngejalani hidup di masyarakat BTN, semoga rezeki selalu hadir di keluarga kecil kita pak, insyaAllah disini Haris nggak minta macem-macem kok, soal beli motor itu bisa ditunda tahun depan juga bisa.
Haris tau kalo bapak sama mamak pasti ngedoain Haris dari rumah, disini pun begitu pak, selalu mendoakan bapak, mamak, sama hammam semoga selalu sehat wal afiat.
insyaAllah kalo bisa 4 tahun kuliahnya diusahakan kok, kalo lebih dari 4 tahun bakal cari duit sendiri deh buat ngehidupin diri disini pak.
kabar Bapak gimana? sehat kan? semoga jadi mampir yaa, mau tak ajak jalan-jalan keliling kota Jogja nih hehehhe, biar mamak sama hammam sewot.
semoga kabar Mamak juga sehat selalu, semuanya dalam lindungan Allah SWT. dan dijauhkan dari segala mara bahaya.
buat adek ku, adek gue, cocoknya yg mana nih? nggak suka pake gue jadi agak kaku.
udah SMP belajar yg bener yeee, gausah banyakin maen, jgn suka ngelawan Bpak sama Mamak, kebiasaan nih nggak diturutin dikit ngelawan bisanya.
pokoknya sekolah yg bener deh, guru SMP pada tau mas mu ini loh, 3 tahun di SMP bikin mas mu ini jadi salah satu perhatian di sekolah hehehe..
sering kemasjid yaa kalo udah maghrib, sama isyanya juga, jgn lupa tadarusan, jgn lupa belajar, kalo bergaul di rumah, di sekolah yg bener, jangan bikin malu keluarga di rumah.
mungkin itu dulu deh, malah keluar dari tema nih,..
intinya terima kasih buat segalanya Pak, aku akan selalu mendoakanmu dalam setiap do'aku.
i'm so thankful every moment i spend with you. sayang banget aku belum punya foto berdua sama bapakku, ntar deh kalo pulang foto-foto dulu sama bapakku yg sangat berjasa buat hidupku dan keluarga.
Wassalamu'alikum warahmatullah, thank's ^
Selasa, 16 Desember 2014
0
komentar
Paradigma Interaksi dan Interkoneksi Dalam Persfektif Filsafat Islam
Ketika penulis mendapatkan tugas sebagai Direktur Pasca Sarjana IAIN Sunan Kalijaga pada tahun 2002, konsep integrasi dan interkoneksi menjadi wacana yang aktual bagi kalangan akademisi di IAIN Sunan Kalijaga. Sebagai direktur ketika itu, maka penulis meresponnya dengan mengubah/menambah kurikulum yang ada, dengan menambah tiga mata kuliah yang dipandang sangat penting waktu itu, yaitu 1) metodologi penelitian filsafat, agama dan sosial, 2) agama, filsafat dan sains, dan 3) isu-isu global. Mata kuliah tersebut diajarkan dengan pendekatan intregratif dan interkonektif.
Ketiga mata kuliah ini menjadi bagian utama untuk melakukan integrasi dan interkoneksi yang dimulai dengan menata metodologinya terlebih dahulu, dengan menyatukan mata kuliah metodologi penelitian filsafat, agama dan sosial, yang diajarkan oleh masing-masing ahli di bidangnya, dengan harapan integrasi dan interkoneksi itu bisa dikembangkan dengan landasan metodologi yang mantap. Pada hakikatnya konsep integrasi dan interkoneksi harus dimulai dari integrasi dan interkoneksi metodologinya. Tanpa dasar metodologi yang kuat, maka integrasi dan interkoneksi hanya akan menjadi hal mengawang-awang, tidak jelas dan tidak pernah bisa membumi.
Kemudian mata kuliah agama, budaya dan sains diajarkan dengan tujuan untuk melihat sesuatu masalah dari pendekatan lintas agama, budaya dan sains, sehingga integrasi dan interkoneksi dengan sendirinya akan terbentuk dan terbawa dalam melihat setiap masalah kehidupan dan kemanusiaan. Matakuliah ini sangat penting, karena mata kuliah ini diharapkan dapat mengembangkan paradigma integrasi dan interkoneksi melalui pembentukan tradisi akademik yang berdimensi lintas agama, lintas budaya dan lintas sains, dan ini menjadi tuntutan menjawab problematika kontemporer yang tidak bisa didekati hanya dengan pendekatan tunggal keilmuan. Masalah kemiskinan, kesejahteraan dan perdamian tidak bisa dipecahkan dengan pendekatan tunggal, baik ekonomi semata-mata, demikian juga pendekatan tunggal sosial, politik, budaya mau pun agama.
Selanjutnya mata kuliah isu-isu global ditambahkan sebagai aktualisasi paradigma integrasi dan interkoneksi secara praksis untuk memahami, mendalami dan menganalisis problematika global sebagai fenomena aktual masa kini yang sudah merupakan fenomena global, yang mau tidak mau, pendekatan integrasi dan interkoneksi itu mutlak dipergunakan. Tanpa integrasi dan interkoneksi keilmuan, kita tidak mungkin dapat memahami dan memecahkan masalah-masalah global. Penulis sendiri waktu itu mengajar aspek budaya dalam sains dan agama, bersama dengan Prof Amin Abdulah aspek agama dan Prof Choiril Anwar dari Universitas Gadjah Mada aspek sains, dan penulis pada aspek kebudayaan.
FILSAFAT ISLAM SEBAGAI METODA
Menurut pandangan penulis, filsafat Islam mempunyai potensi aktual untuk mengintegrasikan dan menginterkoneksikan studi-studi keislaman secara praksis. Tanpa dasar filsafat Islam, rasanya sulit untuk dapat mengintegrasikan dan menginterkoneksikan ilmu-ilmu keislaman. Dalam tahap ini, filsafat Islam harus diletakkan sebagai metodologi berpikir, bukan diletakkan pada kajian tokoh-tokohnya dan pemikirannya saja, atau hanya fokus pada tema-tema filsafat saja serta periodisasinya.
Pada hakikatnya setiap studi keislaman, selalu mempunyai dasar filsafatnya sendiri-sendiri. Dalam sejarah perkembangan ilmu, filsafat adalah induk dari setiap ilmu pengetahuan. Karena itu setiap cabang ilmu sesungguhnya mempunyai landasan filsafatnya sendiri sendiri. Ilmu hukum dengan filsafat hukumnya, demikian juga filsafat eknonomi untuk ilmu ekonomi, fisafat politik untuk ilmu politik, juga arsitektur dengan filsafat arsitekturnya dan seterusnya.
Filsafat Islam sebagai metoda, akan mengintegrasikan dan menginterkoneksikan studi-studi keislaman dalam suatu world view yang multidimensional. Dalam buku “Filsafat Islam Sunah Nabi Dalam Berpikir” penulis menyusun cara berpikir Islam yang dikonstruk dari tradisi berpikir Nabi sendiri dalam menjawab berbagai kasus. Dalam sejarah kenabian, terlihat bahwa para nabi dalam menjawab suatu masalah,tidak selamanya bergantung pada wahyu. Demikina juga yang dialami nabi Muhammad Saw., terutama dalam tradisi berpikir beliau sebelum usia empat puluh tahun, atau sebelum beliau menerima wahyu, sedangkan setelah usia empat puluh tahun itu berada dalam konstruksi dialektik antara aqal dan wahyu. Alquran 62:2 dijelaskan yang artinya sebagai berikut : “Dia (Allah) yang mengutus di antara orang-orang ummi, seorang Rasul dari kalangan mereka, yang menjelaskan kepada mereka ayat-ayatNya, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka kitab dan hikmah. Dan sesungguhnya mereka sebelumnya adalah dalam kesesatan yang nyata”.
Dalam pandangan penulis seorang Rasul itu mengajarkan Kitab yaitu turunnya wahyu yang diterima dari Tuhannya yang terjadi secara bertahap sesuai dengan tahapan kehidupan. Sedangkan hikmah, bisa diartikan sebagai penjelasan dan penjabaran yang bisa dimengerti umatnya tentang hakikat kebenaran wahyu yang diterimanya. Dalam kenabian Muhammad Saw., ada yang menyebut hikmah sebagai al hadits. Hikmah juga bisa diartikan sebagai pengetahuan yang mendalam, suatu kearifan yang terdapat di balik realitas, kejadian dan peristiwa. Dalam ungkapan sehari-hari, ketika seseorang dalam kehidupannya menghadapi suatu kejadian, peristiwa, musibah atau ujian, seringkali dikatakan untuk bisa mengambil hikmahnya.
Karena itu, hikmah bisa diartikan sebagai pengetahuan yang mendalam, suatu kearifan yang diperoleh dari balik pemahaman terhadap realitas, suatu wisdom yang lahir dari pemikiran seseorang yang mendalam dalam perjalanan hidupnya. Dengan kata lain, maka hikmah sesungguhnya dapat diartikan sebagai pengetahuan filsafat, yaitu pencapaian atas kebenaran melalui pemikiran radikal terhadap realitas. Dalam konteks kerasulan yang tugasnya mengajarkan kitab dan hikmah, maka pengajaran tentang hikmah ini bisa dipahami sebagai filsafat, karena seorang rasul dalam sejarahnya juga pengajar tentang hakikat kehidupan dan makna hidup bagi manusia, yang sebenarnya menjadi inti dari flsafat.
Alquran 2:269 dijelaskan yang artinya “ Allah anugerahkan hikmah kepada siapa yang dikehendakiNya dan barang siapa yang medapatkannya, ia benar-benar telah dianugerahi suatu kebaikan yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah (ulul albab) yang dapat mengerti”. Dalam konteks ini, maka seorang nabi adalah juga seorang yang mendapat pengetahuan hikmah, yang menjadi inti dari filsafat. Seorang nabi juga bisa disebut seorang filosuf sebagai pengajar himah atau filsafat yaitu pengajar hakikat kebenaran segala sesuatu dalam hidup dan menjalaninya.
Untuk mampu mengajarkan kitab yang dikembangkan dalamsuatu hikmah, maka seorang nabi pastinya mempunyai suatu model berpikir tertentu yang memungkinkannya menembus realitas dan menemukan hakikat kebenaran di balik realitas atau kejadian. Model berpikir tersebut dipakai untuk memahami dan mendalami kebenaran melalui integrasi “aql” dan “qalb”.
Dalam Alquran 22: 46 menjelaskan yang artinya “maka tidak pernahkah mereka berjalan di muka bumi, sehingga hati mereka dapat memahami, telinga dapat mendengar? Sebenarnya bukan mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang ada di dalam dada”.
Selanjutnya dalam Alquran 33 : 21 dijelaskan yang artinya “sungguh pada diri Rasulullah itu teladan yang baik bagi kamu, bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan pada hari kemudian, serta mereka banyak mengingat Allah. Keteladanan nabi yang utama bagi penulis bukanlah pada perbuatannya, seperti cara makan dan memelihara jenggot saja, tetapi keteladanan beliau pada pemikirannya, karena perbuatan adalah tindak lanjut dari pemikiran, pemikiran adalah ibu kandung perbuatan. Bahkan dalam prinsip etika, perbuatan yang tidak disertai pemikiran adalah pemikiran yang tidak disadari, maka perbuatan itu tidak termasuk ranah etika, seperti perbuatan orang yang kehilangan akal sehatnya atau perbuatan orang gila.
Paradigma integratif dan interkonektif sesungguhnya dapat dimungkinkan dengan integrasinya “aql” dan “qalb” sebagai suatu metoda berpikir untuk memahami realitas. Pendekatan integratif adalah pendekatan ulul’albab yang secara jelas digambarkan Alquran 3: 190-191 yang artinya sebagai berikut : “sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang adalah tanda-tanda bagi ulul albab, yaitu mereka yang mengingat (zikir/qalb) tentang Allah dalam keadaan berdiri, duduk, berbaring dan memikirkan (aql, rasio) tentang penciptaan langit dan bumi ; ya Tuhan kami, tidaklah Engkau ciptakan semua ini dengan sia-sia ; Mahasuci Engkau, maka hindarkanlah kami dari siksaan neraka.
Penjelasan Alquran di atas bisa dimengerti akan adanya proses rasional transcendental di mana 1) mengingat (zikir pada kekuasaan Allah) mendahului 2) berpikir untuk memahami dan mendalami semua ciptaanNya di langit dan di bumi,3) dan mencapai proses transendensi dengan 4) kesadaran tidak akan menyia-nyiakan semua ciptaanNya dan aktualitas perbuatan yang terhindar dari siksaan neraka. Ini menjadi metoda berpikir integratif dan interkonektif yang berada dalam jalan hidup seseorang untuk selalu mensyukuri dan menghindari siksaan neraka.
Karena itu, bagi penulis makna surat al fatihah yang dibaca setiap kali oleh seorang muslim ketika menjalankan solat, terutama saat membaca Alquran 1: 6-7 yang dijelaskan artinya : “tunjukkan kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan mereka yang dimurkai dan bukan pula mereka yang tersesat. Maka jalan lurus itu dapat dimengerti sebagai metoda berpikir yang secara konsisten dan lurus, kemudian diaktualisasikan dalam perbuatan yang memberikan manfaat bagi kehidupan bersama, akan menjadi nikmat, bukan laknat apalagi tersesat.
Filsafat Islam sebagai metoda berpikir menjadi dasar bagi peradigma integrative interkonektif, yang secara sistemik menyatukan antara aql, qalb, wahyu dan realitas menjadi suatu metodologi berpikir yang bersifat rasional transcendental, dan selalu berdimensi majemuk. Karena itu, filsafat Islam sebagai metode berpikir seperti yang dijelaskan di atas, akan menjadi dasar dalam merumuskan filsafat dalam studi-studi keislaman. Dalam kaitan ini, maka seharusnya dalam setiap fakultas diajarkan filsafat Islam sesuai dengan bidang kajiannya masing masing, seperti filsafat hukum Islam di fakultas syari’ah, filsafat pendidikan Islam di fakultas tarbiyah, filsafat dakwah Islam di fakultas dakwah, filsafat eknonomi Islam di fakultas ekonomi dan bisnis dan seterusnya.
INTEGRASI DAN INTERKONEKSI SEBAGAI METODOLOGI DALAM STUDI KEISLAMAN
Dalam sebuah forum dialog di TVRI Yogyakarta, penulis selaku rektor UIN Sunan Kalijaga ditanya oleh seorang pemirsa, bahwa berubahnya IAIN menjadi UIN adalah suatu pendangkalan ilmu agama. Pertanyaan mereka itu didasarkan pada fenomena bahwa penguasaan ilmu agama pada alumni UIN lebih rendah daripada alumni IAIN dulu. Pertanyaan itu juga pernah menjadi perdebatan yang panjang di kalangan akademisi IAIN ketika kita akan berubah menjadi UIN.
Di samping itu, pandangan bahwa ilmu keislaman adalah ilmu agama masih tetap kuat di kalangan masyarakat Islam sendiri, sehingga ilmu keislaman bagi mereka adalah ilmu-ilmu agama seperti yang ada di IAIN dulu, yaitu ushuluddin, dakwah, syariah, adab dan terbiyah. Sedangkan ilmu-ilmu di luar studi agama adalah bukan ilmu keislaman. Dengan kata lain, mereka sebenarnya masih berpandangan bahwa Islam adalah agama, bukan kebudayaan, sehinga sains dan teknologi sebagai bagian dari kebudayaan, tidaklah termasuk kajian keislaman.
Karena itu, paradigm integratif dan interkonektif menjadi sangat penting dan fundamental dalam merumuskan kajian-kajian keislaman, di mana posisi Islam sebagai nilai-nilai yang mendasar dan mengikat setiap kajian keislaman yang ada dalam berbagai aspek kebudayaan, baik kebudayaan sebagai sistem nilai, produk maupun eksistensi manusia dalam perjalanan hidupnya yang kompleks.
Dalam pandangan penulis, yang paling sulit dilakukan dalam usaha melakukan integrasi dan interkoneksi studi-studi keislaman adalah bagaimana merumuskan metodologinya. Upaya integrasi dan interkoneksi yang banyak dilakukan sekarang ini adalah mengintegrasikan dan menginterkoneksikan materi kajian dari studi studi keislaman dalam kajian ilmu-ilmu umum atau sebaliknya, seperti mengintegrasikan materi kajian kajian Islam, terutama Alquran dan Alhadits diintegrasikan dan diinterkoneksikan dengan bidang kajian-kajian ilmu-ilmu umum.
Konsep pohon ilmu ilmu keislaman (Prof Imam Suprayogo) serta konsep jaring labah-labah ilmu ilmu keislaman ( Prof Amin Abdullah) menurut pandangan penulis yang sempit ini, rasanya belum sampai merumuskan pada metodologinya. Integrasi dan interkoneksi model ini, seringkali diimplementasikan dengan melakukan integrasi infrastruktur fisik dan non fisik, termasuk material dan bahan ajar dalam pengembangan keilmuan dalam suatu konsep universitas.
Dalam pandangan Islam, sebenarnya tidak mengenal dualisme pendidikan dan dikhotomi keilmuan. Pendidikan harus dilakukan secara integratif, sehingga keragaman ilmu bisa saling menyapa dan menyatu dalam memecahkan persoalan kemanusiaan yang makin kompleks. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa masalah masalah kemanusiaan, seperti kesejahteraan, kemiskinan, kebahagiaan, keamanan dan perdamaian, tidaklah bisa dipecahkan dengan pendekatan tunggal keilmuan semata mata. Karena itu, pendekatan integratif dan interkonektif adalah suatu keniscayaan dalam kehidupan yang semakin global ini.
Jika kita akan menempatkan integrasi dan interkoneksi sebagai suatu metodologi, maka dalam setiap jenjang pendidikan di UIN Suka baik S1, S2 maupun S3nya, bagaimana jabaran dalam kurikulumnya. Demikian juga halnya dalam berbagai fakultas yang ada, bagaimana integrasi dan interkoneksi sebagai metodologi dapat diimplementasi-kan dalam berbagai fakultas, sehingga sehingga masing-masing keilmuan yang dikembangkan oleh setiap fakultas berada dalam ikatan metodologi yang sama, yaitu integrasi dan interkoneksi.
Semoga bermanfaat wallahu a’lamu bishshowab.
(Disampaikan dalam rangka Seminar “Praksis Paradigma Integrasi Interkoneksi Ilmu dan Transformasi Islamic Studies”, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Convention Hall, 22-23 Oktober 2014)
Siang
berganti malam, malam pun menguap menjadi siang kembali. Begitu cepat hari-hari
berlalu. Tiba-tiba sudah seminggu, sudah sebulan, sudah setahun saja kehidupan
ini terus berlanjut menuju ke arah yang masih samar-samar untuk di prediksi.
Seandainya boleh protes, tentu aku akan meminta untuk sekedar mundur beberapa
tahun ke belakang untuk menyapa kawan-kawanku dengan senyum terbaik jika aku
tahu kenyataan sekarang adalah hanya sekedar mengirim kabar lewat sms saja
sangat sulit. Entah yang sibuk kuliah, atau mungkin sudah ada yang sibuk
bekerja, dan lain-lain yang menjadikan alasan kuat untuk tidak merespon sms
tersebut. Aku ingin merefresh otakku untuk mundur ke belakang sejenak mengenang
masa sekolahku. Ada yang bilang masa sekolah itu menyenangkan, bukan ada sih
tapi banyak. Aku jelas sangat mengiyakan pendapat tersebut. Bahkan, Om Chrisye
pun membuat lagu tentang sekolah yang judulnya pun kalian sudah sangat familiar
mendengarnya. Cerita di masa sekolah, bagi yang suka menulis di diary atau buku
curhatan, bisa habis berbuku-buku karena merekam segala hiruk-pikuk sekolah,
walaupun kebanyakan hanya tentang melihat kakak kelas yang ganteng/cantik tak
terkira, tapi itu membuat kehidupan di sekolah bervariasi. Si kutu buku, si
jail, si biang gosip, si alim, si keren, siapa saja yang mendapat kehormatan
mendapat julukan-julukan tersebut tersedia di sekolah. Meskipun ada satu
penyakit di sekolah yang mungkin di semua sekolah pun mengalaminya, si Anak
Nakal. Julukan ini tampaknya memang berada di posisi teratas dari semua julukan
karena kalau kata temanku sih “sekolah itu, kalo nggak ada anak nakalnya nggak
imbang, hampa sepi gitu”. Aku agak kurang sependapat tapi kalau dipikir ya ada
benarnya celetukan itu. Anak nakal di sekolah itu seperti menganut sistem kerajaan,
jikalau yang bandel satu ini udah lulus, jangan tunggu barang sebulan, besok
saja sudah ada yang menggantikan posisi ini, lengkap dengan para
kabinet-kabinetnya(baca=geng). Tapi itu biasa, yang penting kita tetap ceria
dan bersenang-senang dengan teman sekelas selama Yakuza itu tidak mengganggu
kita. Aku rindu masa sekolah adalah karena, meskipun kegiatannya sepertinya
monoton, dimana hanya masuk pagi-belajar-istirahat-belajar-kamar
kecil-istirahat-belajar-pulang, seperti ada yang merekatkan kita dengan satu
sama lain. Misal ketika belajar, ada yang ditunjuk gurunya untuk menjawab
pertanyaan dan dia tidak bisa menjawab, maka riwayat dia pasti akan habis
ketika istirahat karena akan menjadi bahan ‘bully’ mereka. Atau ketika baru
masuk kelas langsung ajang ‘bully’ diadakan karena tim sepakbola jagoannya
semalam kalah tarung. Bully meskipun ini perbuatan yang kurang baik bagi si
penderita, tapi bagi kami ‘bully’ adalah ajang untuk mempermalukan teman, ah
tidak ajang untuk saling melekatkan pertemanan kita. Agak absurd sih tapi
memang itu adanya. Dan satu lagi yang tidak boleh dilewatkan dimasa sekolah
adalah ‘cinlok’. Cinlok itu apasih? Ya cinlok adalah cinta lokasi. Mungkin
karena satu sekolah, satu seperjalanan ketika pulang, atau satu kelas. Ya, satu
kelas ini nampaknya tidak bisa terelakkan. Sudah banyak track record
teman-temanku yang mengidap cinlok satu kelas ini. Entah apa sebabnya tiba-tiba
si dia dengan si dia sudah menjalin hubungan. Duh, padahal baru beberapa bulan
satu kelas, sudah memproklamirkan status. Sungguh hebat sekali yang namanya
virus merah jambu ini, membuat semua orang bahkan rela untuk berpeluh-peluh
demi mendapat perhatian dari sang idaman hati. Jujur saja aku pun pernah
mengalami hal seperti itu. Bahkan, hal itu sudah biasa sekali karena ketika aku
SMP pun aku mengalami hal serupa. Mau bagaimana lagi, ibarat kata orang ‘anak
kecil masih labil’. Ya itulah, aku sempat cinlok dengan seseorang sampai
akhirnya sama-sama untuk mengakhirinya karena tidak sepaham. Namun, setelah aku
mulai mempelajari, memahami, dan mendalami ilmu agama, aku mengerti bahwa akan
ada saatnya untuk seperti itu. Jadi ketika kuliah sekarang pun, ketika aku
mengalami virus merah jambu itu lagi, aku berusaha untuk menutupinya rapat. Ah,
aku membahas ini terlalu jauh. Masih banyak yang ingin ku ingat-ingat, tapi
mungkin pada post yang akan datang.
yoh, hai hai..
cuaca hari ini masih nggak menentu yaa.. pagi panas tapi ntar sore bisa aja hujan deres kyk beberapa hari ke belakang, dan itu bikin semangat kita buat ngapa-ngapain kendorr, pasti pinginnya yaa ngulet aja di kamar hehe..
hari ini aku pun begitu, ntah karna semalem kecapean main futsal atau kenapa, tapi paginya itu bawaannya males gerak u,u
sebenernya alasan kuat aku susah bangun di pagi hari adalah karna di tengah malemnya aku harus sangat terpaksa bangun dan merintih, duh tengah malem merintih tu ngapain yaa? hehe.. tapi ini beneran jadi setiap tengah malem itu aku masih melek dan kesakitan karena aku punya sakit gigi. yang pengalaman sakit gigi aku kasih respect deh, ternyata nggak enak banget, jadi sepanjang malem itu kamu harus tegar dan kuat saat gigimu yg bolong itu rewel. iya rewel, ngilu nya tu sampe dimana-mana, bukan disini lagi :D
lantas aku langsung tanya temenku yg udh pernah sakit gigi, apa aja yg harus dilakuin, dan kapan waktu yg pas dan pantes buat ngeksekusi gigi geraham ini. nggak kuat mak, nggak kuat diriku ini menahan segala derita ini. Dan akhirnya, akibat dari itu aku harus merelakan jam kuliah pertamaku jam 7 tadi alpa u,u. Pertama mungkin karena semalem pulang futsal capek kali ya? trus tengah malemnya kambuh lagi penyakit ngilunya yg bikin aku begadang sepanjang malem.. sakiiiiiitnya tuh di mana-mana :(
makanya itu aku pengen cepet-cepet periksa, trus eksekusi, dan kembali tersenyum seperti sedia kala kembali hihihihihihihi...
salam sakit gigi palss ^
cuaca hari ini masih nggak menentu yaa.. pagi panas tapi ntar sore bisa aja hujan deres kyk beberapa hari ke belakang, dan itu bikin semangat kita buat ngapa-ngapain kendorr, pasti pinginnya yaa ngulet aja di kamar hehe..
hari ini aku pun begitu, ntah karna semalem kecapean main futsal atau kenapa, tapi paginya itu bawaannya males gerak u,u
sebenernya alasan kuat aku susah bangun di pagi hari adalah karna di tengah malemnya aku harus sangat terpaksa bangun dan merintih, duh tengah malem merintih tu ngapain yaa? hehe.. tapi ini beneran jadi setiap tengah malem itu aku masih melek dan kesakitan karena aku punya sakit gigi. yang pengalaman sakit gigi aku kasih respect deh, ternyata nggak enak banget, jadi sepanjang malem itu kamu harus tegar dan kuat saat gigimu yg bolong itu rewel. iya rewel, ngilu nya tu sampe dimana-mana, bukan disini lagi :D
lantas aku langsung tanya temenku yg udh pernah sakit gigi, apa aja yg harus dilakuin, dan kapan waktu yg pas dan pantes buat ngeksekusi gigi geraham ini. nggak kuat mak, nggak kuat diriku ini menahan segala derita ini. Dan akhirnya, akibat dari itu aku harus merelakan jam kuliah pertamaku jam 7 tadi alpa u,u. Pertama mungkin karena semalem pulang futsal capek kali ya? trus tengah malemnya kambuh lagi penyakit ngilunya yg bikin aku begadang sepanjang malem.. sakiiiiiitnya tuh di mana-mana :(
makanya itu aku pengen cepet-cepet periksa, trus eksekusi, dan kembali tersenyum seperti sedia kala kembali hihihihihihihi...
salam sakit gigi palss ^
みんあーさん!
わたしのなかまです、げんきですか。
わたしのなかまです、げんきですか。
bingung yah? hehe maaf itu adalah kalimat sapaan untuk kalian..
dan kali ini saya akan membagikan sedikit info yang saya dapatkan tadi sewaktu kuliah, semoga bermanfaat !
yang akan saya bagikan adalah tentang bagaimana cara membuat daftar isi dengan baik, selama ini kan kita kalo punya tugas makalah atau karya tulis dan semacamnya, ketika kita membuat daftar isi pasti kita membuat titik-titiknya dengan cara manual, yaa kan?? dan hasilnya pasti ada salah satu yang tidak teratur jaraknya, nggak lurus laaah hehe..
untuk itu saya akan menjelaskan bagaimana membuat daftar isi yang agak otomatis hehehe..
langkah-langkah membuat daftar isi yang baik
1. buka aplikasi pengolah kata (yang sangat direkomendasikan adalah Ms. Word)
2. open file makalah kalian, bagian daftar isinya saja
3. lalu setelah itu hilangkan dulu titik-titiknya itu sebelum angka halaman
4. setelah hanya tersisa isi-isi materi saja, klik tanda pada pojok kanan tab Paragraph
setelah klik pada tanda itu, lalu akan muncul kotak dialog Paragraph
pada kotak dialog paragraph, terdapat kata Tabs pada pojok kiri bawah, lalu klik Tabs dan akan muncul tampilan seperti berikut.
pada kotak dialog Tabs, ada pilihan Tab stop position, Default tab stops, Alignment, Leader..
langkah pertama isilah kotak kosong pada tab stop position untuk menentukan batas akhir untuk titik-titik pada halaman daftar isi..
disini saya mengisi 14 cm karena mengikuti kertas defaultnya. dan biarkan angka pada Default tab stops nya tetap 1,27 cm.
langkah-langkahnya:
1. isi angka pada kotak tab stop position, ex : 14 cm
2. pada Alignment, pilih Right supaya berhentinya di kanan kertas.
3. lalu pada bagian Leader, pilih yang nomor 2 untuk memberi tampilan titik-titik, apabila yang kita pilih nomor 3 maka tampilannya akan berubah menjadi garis ..
5. lalu ulangi langkah pada nomor 1 dengan mengganti angkanya menjadi 15 cm
6. ulangi langkah yang sama pada hingga pada bagian Leader, pilih nomor 1 untuk meniadakan titik titiknya.
7. klik Set lagi, lalu akhiri dengan klik Ok.
setelah settingan kita sudah selesai, langsung coba praktikkan pada halaman kerja kita.
sekarang coba ketik KATA PENGANTAR, setelah itu dengan tanpa spasi klik Tab pada keyboard, maka hasilnya pun titiknya akan secara otomatis terisi hingga batas yang kita tentukan tadi, dan jika sudah semua maka tampilan akan menjadi seperti berikut.
setelah settingan kita sudah selesai, langsung coba praktikkan pada halaman kerja kita.
sekarang coba ketik KATA PENGANTAR, setelah itu dengan tanpa spasi klik Tab pada keyboard, maka hasilnya pun titiknya akan secara otomatis terisi hingga batas yang kita tentukan tadi, dan jika sudah semua maka tampilan akan menjadi seperti berikut.
bisa kita lihat kan, yang sudah dilingkari menjadi tampak rapi dan teratur,nggak ada yang kelebihan atau kekurangan titik, dan pada penomoran halaman pun terlihat rapi pula.
mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat, dan kalian boleh berekspresi sesuka selera kalian dalam menentukan berapa jaraknya..
terimakasih banyak saya ucapkan untuk guru ICT saya bapak Jusmail hehehe, ajarin lagi yang lain yaa pak ^^.
Hai ^^ lama sudah tidak muncul di blog, maaf yaa banyak
kesibukan kuliah hehehe ..
Kali ini aku pengen share cerita tentang kegiatan kuliahku
nih, namanya LDK. Apa itu LDK? kalo sepengetahuanku waktu SMA dulu sih LDK itu
Latihan Dasar Kepemimpinan, tapi taunya aku salah jauh, ternyata itu
kepanjangannya adalah Lembaga Dakwah Kampus. Pertama sih aku nggatau LDK tu
apaan, tapi setelah di jelasin panjang lebar sama kakak kelas di SMA, akhi Rona
namanya jadi minimal tau lah kalo LDK itu semacem Rohis di Kampus. Jadilah aku
daftar disitu. Dan beberapa hari setelahnya ada kegiatan yang dinamakan TEKAD,
ah maaf aku lupa kepanjangannya itu apa, yang jelas kayak acara pelantikan
anggota baru gitu dah. Disini pun aku juga ketemu temen baru asal Lampung (Alhamdulillah).
Aku kira aku Cuma sebatang kara di kampus hehehe taunya ada banyak. Kali ini aku bakal nyeritain tentang kegiatan pertama waktu aku gabung LDK, sebelumnya aku kasih nih poto-potonya dulu hehehe..
ini waktu kami pemanasan pagi-pagi, biar sehat hehehe
ini acaranya lagi outbond, disuruh ceramah dulu biar greget :D
it's dinner time ! :D manusia pejuang dakwah kelaparan nih hehehe
udah makan enak, nyimak materi lagi dong biar semangat :D
duh awas ngantuk loh dengerin materi siang bolong gini hihihi
hehe ini aku lagi nerangin tentang dakwah di depan, agak gugup sihhh
nyanyi dulu kita, yel-yel group
inilah kami, para pejuang dakwah ikhwan ^^ semoga di istiqomahkan hihihi
ya itulah sedikit cuplikan tentang kegiatanku, alhamdulillah aku seneng banget karena mereka peduli banget sama sesama, dan satu lagi para akhwatnya subhanallah buat aku selalu nunduk karena malu. semoga mereka selalu diberikan kekuatan untuk tetap berpakaian seperti itu AAaaamiiiinnn...
mungkin sekian dulu yaaa gaess, ntar dilanjut lagi yaa^^ see yaa !
Langganan:
Postingan (Atom)